July 24, 2021 By obatkulit.net 0

Pengendalian Rayap Bawah Tanah Timur

Rayap bawah tanah timur sering merusak kayu struktural pada bangunan. Artikel ini membahas siklus hidup mereka, dan metode struktural dan kimia pengendalian rayap.

pengantar

Rayap bawah tanah timur, Reticulitermes flavipes(Kollar), hadir di seluruh kota dan sering merusak kayu struktural di gedung-gedung. Ketika kerusakan ini menjadi jelas, biasanya merupakan hasil dari infestasi bertahun-tahun. Dengan demikian, kerusakan akibat rayap bukanlah serangan mendadak yang akan menyebabkan sebuah bangunan runtuh dalam beberapa hari. Umumnya, masalah rayap hanya terjadi beberapa tahun setelah konstruksi–biasanya 10 tahun atau lebih. Banyak rumah di kota tidak mungkin pernah memiliki rayap karena terletak di tempat yang risiko rayapnya rendah atau dibangun untuk menahan serangan rayap. Risiko infestasi dapat dikurangi dengan menghindari kesalahan atau kesalahan tertentu dalam konstruksi, penilaian lokasi dan pemeliharaan, atau dikendalikan melalui aplikasi insektisida atau umpan tanah.

Rayap memakan akar tua, tunggul pohon, dahan dan dahan pohon yang tumbang di tanah, dan bahan serupa. Mereka bermanfaat ketika mereka membantu pengurangan kayu dan produk selulosa serupa menjadi senyawa yang dapat digunakan lagi oleh organisme hidup lainnya. Terkadang rayap menyerang tanaman hidup, termasuk akar semak dan pohon. Di bangunan, mereka memakan bahan selulosa, seperti kayu struktural, perlengkapan kayu, kertas, buku, kapas, dan produk terkait.

Deskripsi rayap

Rayap bawah tanah adalah serangga sosial yang hidup berkoloni di dalam tanah dan memiliki kasta khusus untuk melakukan fungsi koloni tertentu. Koloni rayap memiliki tiga kasta utama: pekerja, tentara, dan reproduktif (raja, ratu, dan sekunder). Pekerja berwarna putih krem ​​jarang terlihat kecuali jika tabung rayap atau kayu yang terinfeksi dipecah. Para pekerjalah yang memakan kayu dan menyebabkan kerusakan. Pekerja individu diyakini bertahan hingga lima tahun. Prajurit memiliki kepala memanjang kekuningan dengan rahang besar dan berukuran hampir sama dengan pekerja dewasa seperempat inci. Ada lebih sedikit tentara daripada pekerja terkait mereka, dan harus bergantung pada pekerja untuk memberi makan mereka. Setiap kali koloni diserang atau dibuat lubang pada tabung atau potongan kayu yang terinfeksi, tentara akan menggunakan rahang mereka untuk mempertahankan pelanggaran. Sekunder adalah betina reproduksi tambahan yang terjadi di koloni dewasa dalam kondisi yang menguntungkan. Raja dan ratu berwarna coklat tua atau hitam dan panjangnya sekitar 3/8 hingga 1/2 inci. Mereka memiliki dua pasang sayap tembus pandang dengan panjang yang sama, yang putus segera setelah berkerumun. Sangat sering sayap yang terlepas adalah satu-satunya bukti bahwa rayap ada di dalam sebuah bangunan.

Lingkaran kehidupan

Selama akhir musim dingin atau awal musim semi, kawanan kasta reproduktif dapat terlihat di gedung-gedung yang penuh. Rayap hitam bersayap ini adalah tahap yang paling sering terlihat, karena kasta-kasta lain tidak rela terpapar cahaya. Rayap bersayap tertarik pada cahaya, dan ketika muncul di dalam bangunan, mereka mengerumuni pintu dan jendela. Setelah merangkak atau terbang untuk waktu yang singkat, rayap mematahkan sayapnya dan mencari pasangan. Setiap pasangan mencoba menemukan kayu lembab yang bersentuhan dengan tanah untuk memulai koloni baru, tetapi hanya sedikit yang berhasil. Meskipun mereka mengkhawatirkan pemilik rumah dan bisa menjadi gangguan, tidak ada kerusakan yang dilakukan oleh bentuk bersayap.

Cara mengenali rayap dan kerusakan rayap

Kehadiran rayap yang berkerumun atau sayapnya saja merupakan tanda pasti bahwa rayap bekerja di sebuah bangunan. Rayap bersayap sering disamakan dengan semut bersayap. Sebagian besar spesies semut di rumah hanya mengganggu dan, kecuali semut tukang kayu, tidak merusak kayu. Untuk itu perlu diketahui perbedaan rayap bersayap dan semut bersayap. Cara termudah untuk membedakan kedua kelompok adalah dengan melihat pinggang mereka. Semut memiliki pinggang yang sempit seperti tawon; rayap memiliki pinggang yang lebar. Antena atau perasa semut berbentuk L, sedangkan rayap berbentuk lurus. Selanjutnya, keempat sayap rayap memiliki panjang yang sama dan hampir dua kali panjang tubuh rayap, sedangkan sayap semut kira-kira sama dengan panjang semut, dan sayap depan dan belakang tidak sama panjang.

Kayu yang diserang rayap memiliki landasan pacu atau lorong yang dilapisi dengan bahan mirip tanah yang direkatkan ke kayu. Di mana kayu telah dipenuhi untuk beberapa waktu, mungkin sebagian besar berlubang dengan bagian-bagian dan mungkin busuk dalam penampilan. Saat memeriksa kayu tersebut dengan obeng atau alat serupa, banyak rayap pekerja yang tersembunyi dapat tumpah keluar.

Tanda rayap lain di rumah adalah adanya tabung rayap. Rayap membuat tabung berwarna tanah ini karena beberapa alasan, terutama sebagai landasan pacu yang dilindungi dari tanah ke kayu yang mereka makan. Selain itu, tabung ini dapat berfungsi sebagai jalan keluar bagi rayap bersayap. Cari tabung ini di dinding ruang bawah tanah, di tiang kayu, kancing dinding, kusen lumpur, dan trim pintu dan jendela. Kayu yang tertanam di tanah atau di lantai ruang bawah tanah beton sangat rentan terhadap rayap.

Di mana beberapa tempat yang harus Anda lihat jika Anda yakin ada rayap?

Di kota, sebagian besar serangan rayap terjadi di ruang bawah tanah atau ruang bawah tanah dan di kayu struktural tepat di atas dinding ruang bawah tanah, seperti kusen lumpur, kancing, balok, subflooring, dan lantai. Tiang kayu, tangga, kusen pintu, dan trim yang tertanam di tanah atau lantai beton sangat rentan terhadap serangan rayap. Pelapis kayu, bingkai jendela, tangga, dan bahan serupa yang ditutupi oleh tanah atau diletakkan di tanah juga dapat diserang rayap. Di mana serangan rayap meluas, lantai dan kerangka di dinding dapat rusak oleh rayap; ini sering terjadi di mana rumah dibangun di atas pelat beton. Rayap terutama menyukai area di sekitar tungku, cerobong asap, pemanas air panas, dan pipa air panas yang memberikan kehangatan selama bulan-bulan dingin.

Tingkat kerusakan kayu struktural dan kayu dapat ditentukan dengan pemeriksaan yang cermat terhadap bangunan. Meskipun Anda dapat memilih untuk melakukan pemeriksaan sendiri, kami sarankan Anda meminta jasa anti rayap profesional untuk memeriksa gedung. Perusahaan pengendalian hama berlisensi memiliki individu dengan pengalaman dalam mendeteksi serangan rayap yang biasanya diabaikan oleh banyak orang awam.

Semua pekerjaan kayu di daerah yang dicurigai harus diperiksa untuk kesehatan dan diperiksa secara visual untuk setiap tanda terowongan lumpur. Penusuk, pemecah es, obeng, atau alat serupa biasanya digunakan untuk memeriksa kayu. Setelah area dan tingkat infestasi ditentukan, tindakan pengendalian dapat direncanakan.

Pengendalian rayap

Pertama, hubungi setidaknya tiga atau lebih operator pengendalian hama berlisensi untuk mendapatkan perkiraan. Ketahuilah bahwa biasanya perusahaan pengendalian hama menawarkan perawatan dan jaminan pengendalian yang berbeda. Better Business Bureau, tetangga, teman, dan kolega mungkin dapat merekomendasikan perusahaan yang memiliki reputasi baik. Perusahaan-perusahaan yang menjadi anggota Asosiasi Manajemen Hama Nasional dan Asosiasi Manajemen Hama memiliki akses ke pelatihan dan materi khusus dan umumnya akan menunjukkan tingkat profesionalisme yang lebih tinggi.

Pengendalian rayap di gedung dapat melibatkan metode struktural atau kimia (pengolahan tanah dan/atau umpan). Salah satu metode bila digunakan sendiri dapat memberikan hasil yang diinginkan, tetapi ketika metode struktural dan kimia digabungkan, hasil yang paling memuaskan sering diperoleh.

Metode modifikasi struktural

Semakin tidak cocok lokasi atau struktur untuk rayap, semakin kecil kemungkinan koloni akan terbentuk dan berkembang. Oleh karena itu, berikut ini dianggap bermanfaat dalam mencegah dan mengendalikan rayap:

  1. Singkirkan semua puing-puing kayu (tumpukan kayu atau kayu bakar) dari sekitar bangunan. Ganti tiang kayu, tangga, teralis, dll., yang bersentuhan dengan tanah dengan bahan non-selulosa atau kayu yang diberi perlakuan tekanan.
  2. Ganti kayu yang rusak parah dengan bahan yang baik. Gunakan kayu yang diberi perlakuan tekanan di tempat-tempat di mana kayu harus bersentuhan dengan tanah. Jika memungkinkan, jangan izinkan kayu apa pun dalam jarak 18 inci dari tanah.
  3. Sediakan drainase yang memadai untuk ruang bawah tanah, ruang bawah tanah, dan ruang merangkak. Pastikan bahwa level grade akan terkuras jauh dari gedung.
  4. Isi semua retakan dan rongga yang terlihat pada pondasi dengan beton atau kompon dempul yang sesuai.
  5. Kurangi kelembaban tanah di dekat struktur dengan mengarahkan limpasan menjauh dari pondasi. Talang, downspouts, dan saluran air Prancis harus dipasang dan dioperasikan dengan benar; drainase permukaan harus mengalir jauh dari struktur.

Perawatan tanah/kontrol penghalang

Prinsip pengendalian perlakuan tanah untuk rayap adalah membuat penghalang tanah yang dirawat antara kayu di gedung dan koloni rayap di tanah. Penghalang kimia semacam itu akan membunuh atau mengusir rayap yang mencoba melewatinya. Perawatan mungkin melibatkan pembuatan parit tanah yang berdekatan dengan dinding pondasi luar sampai ke footer, dan penggantian tanah setelah dicampur dengan termitisida injeksi tanah dari termitisida cair, di bawah tekanan, melalui batang berlubang untuk menjenuhkan tanah yang berdekatan dengan fondasi; dan pengeboran pelat beton, beranda, dan teras untuk mencapai tanah yang berdekatan dengan fondasi di bawah struktur ini.

Banyak termitisida tanah yang berbeda tersedia. Namun, karena banyaknya variabel di lokasi mana pun, sulit untuk memprediksi bahan kimia mana yang berkinerja terbaik di lokasi Anda. Sebagian daftar uji kemanjuran termitisida tanah terbaru yang dilakukan oleh United States Department of Agriculture Forest Service disertakan dalam publikasi ini untuk informasi Anda. Tabel tersebut mencantumkan nama kimia umum, tanggal pengujian dimulai untuk bahan kimia tertentu, jumlah tahun perawatan tidak dilanggar oleh rayap, dan tingkat tekanan rayap di lokasi tertentu. Perhatikan bahwa persentase kontrol untuk fipronil (Termidor 80 WG) rendah. Hal ini terjadi karena fipronil berdampak tidak hanya pada lokasi pengujian tetapi juga pada lokasi kontrol di sekitarnya.

Umpan rayap

Dalam beberapa tahun terakhir, umpan rayap semakin populer. Alternatif untuk perawatan penghalang cair ini adalah tambahan yang disambut baik dan akan membantu dalam pertempuran melawan infestasi rayap. Umpan melibatkan penggunaan atraktan (pancang kayu, karton, atau bahan berbasis selulosa lainnya) untuk membuat rayap makan. Bahan aktif (insektisida) ditambahkan setelah pemberian makan dimulai, atau dapat dimasukkan dalam umpan awal. Rayap yang memakan bahan yang diolah akan membawa racun kembali ke koloni di mana ia mempengaruhi koloni, mungkin menghilangkan seluruh koloni.

Umpan sangat penting dalam merawat struktur dengan sumur atau mata air yang dekat dengan pondasi; ubin drainase di sekitar fondasi; saluran udara di bawah atau tertanam di pelat; atau dalam situasi di mana muka air tanah tinggi sepanjang tahun membuat pengolahan tanah konvensional tidak disarankan. Meskipun data menunjukkan bahwa mereka mungkin berharga sebagai pengobatan yang berdiri sendiri, banyak faktor yang mempengaruhi kemanjuran umpan kurang dipahami. Seperti aplikasi termitisida tanah, direkomendasikan agar perusahaan pengendalian hama yang berlisensi dan berpengalaman disewa untuk menyediakan layanan umpan. Umpan, dalam hubungannya dengan perawatan tanah sebagian (atau lengkap), mungkin disarankan.

Garansi pengobatan rayap

Sebagian besar perusahaan pengendalian hama berlisensi memberikan jaminan untuk perawatan rayap. Anda harus hati-hati meninjau kondisi, batasan, dan biaya tahunan yang terkait dengan perpanjangan garansi. Jaminan untuk pengendalian rayap bawah tanah tidak akan berlaku untuk pengendalian organisme perusak kayu lainnya seperti kumbang penggerek kayu, semut tukang kayu, atau spesies rayap lainnya (misalnya, rayap kayu kering). Perusahaan juga akan membatasi tanggung jawab mereka pada bangunan yang mengalami perubahan struktural yang mengganggu tanah di sekitar pondasi atau di mana penambahan pada struktur aslinya tidak dilakukan.

Mungkin aspek yang paling sulit dari cakupan garansi melibatkan penggantian item yang rusak oleh rayap setelah upaya perawatan. Dapat dipahami bahwa perusahaan rayap tidak ingin bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi sebelum perawatan mereka. Namun, bahkan pemeriksaan yang sangat menyeluruh terhadap tempat mungkin tidak mengungkap semua kerusakan yang ada. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum perawatan dan memiliki perhitungan yang akurat dan terperinci dari semua aktivitas rayap saat ini dan di masa lalu. Jika memungkinkan, dapatkan klausul penggantian kerusakan dengan garansi Anda.

Terakhir, Anda harus menentukan biaya perpanjangan garansi rayap tahunan untuk merawat rumah Anda. Adalah umum bagi perusahaan untuk membebankan biaya tahunan sebesar 10 persen dari harga perawatan asli setiap tahun untuk memperbarui garansi. Jelas, setelah 10 tahun Anda telah membayar untuk pengobatan tambahan, tetapi dengan tingkat kegagalan pengobatan yang tinggi saat ini (20-30 persen di beberapa daerah) untuk rayap bawah tanah, mungkin disarankan untuk menjaga agar garansi tetap berlaku untuk jangka waktu yang lama. Disarankan untuk mempertahankan jaminan setidaknya selama satu hingga dua tahun untuk menentukan apakah upaya pengendalian berhasil.