September 18, 2021 By obatkulit.net 0

Tips Lengkap Merawat Sepeda MTB

Tips Lengkap Merawat Sepeda MTB

Menjaga kebersihan sepeda gunung atau mountain bike (MTB) memiliki tujuan bukan cuma agar sedap dilihat, tapi terhitung agar nyaman dipakai. Perawatan yang pas akan menyebabkan sepeda MTB selalu di dalam situasi terbaik. Hal selanjutnya penting dilaksanakan karena sepeda MTB biasa dipakai di medan yang ekstrim.

Sepeda MTB memang tenar kuat dan tahan banting. Namun, perawatan sepeda ini selalu dibutuhkan untuk kurangi risiko kecelakaan atau malfungsi di jalan. Pastikan sepeda di dalam situasi baik bersama dengan mengecek semua komponen, jadi dari baut yang kendor sampai mata rantai atau gir yang aus.

Bagian Sepeda MTB yang Perlu Dirawat Tips Merawat Sepeda

Setidaknya tersedia empat bagian penting yang harus diperhatikan di dalam merawat sepeda MTB. Berikut bagian-bagian yang jadi komponen paling penting dan tidak boleh dilupakan, pada lain:

Shifter
Shifter jadi bagian krusial di dalam sepeda MTB karena bermanfaat merawat kelancaran pindahan atau transmisi gigi belakang (rear derailleur/RD) maupun depan (front derailleur/FD). Setiap biker punyai jadwal yang berlainan di dalam merawatnya, bergantung pada trek yang dilalui.

Kalau sepeda MTB kita kerap terkena hujan atau melalui medan berdebu dan berlumpur, perawatan shifter harus dilaksanakan lebih intensif. Namun, kecuali cuma digunakan untuk aktivitas sehari-hari di perkotaan, shifter lumayan di cek sebulan sekali Perawatan Sepeda Terbaik .

Pada sepeda modern, shifter biasa ditaruh pada stang, bersebelahan bersama dengan handle rem. Dari faktor bentuk, shifter dibedakan jadi dua, yaitu grip shifter dan thumbshifter. Secara umum, langkah pemanfaatan dan perawatan keduanya mirip.

Perawatan shifter pada sepeda MTB dilaksanakan secara menyeluruh, jadi dari kabel, housing, sampai trigger-nya. Lalu bagaimana langkah merawat shifter agar tidak muda rusak? Berikut Langkah-langkah Merawat Shifter Sepeda MTB:

Letakkan sepeda MTB pada standar (paddock) agar roda belakang terangkat;
Setelah itu, kayuh pedal sepeda MTB sambil memindahkan posisi rantai ke gir belakang (RD) yang paling besar;
Berikutnya, pindahkan ulang posisi gear ke posisi sebaliknya tanpa mengayuh pedal. Setelah kabel shifter sepeda MTB kendor, saatnya melepas.
Kalau telah terlepas, mulailah memberi pelumas secukupnya pada kabel shifter sampai housing-nya.

Rantai
Rantai sepeda bermanfaat mentransfer tenaga dari kayuhan kaki ke gear untuk memutar roda. Rantai yang tak terawat telah tentu akan menguras lebih banyak tenaga dan merusak drivetrain (sistem penggerak sepeda) yang harganya mahal Pelumas Sepeda Terbaik .

Pada sepeda MTB, rantai berperan yang terlampau krusial, lebih-lebih disaat laksanakan off-road. Kondisi rantai yang buruk terlampau beresiko saat berada di tanjakan. Selain tenaga yang dikeluarkan lebih besar, rantai yang kurang perawatan mampu putus di tengah jalan atau mengalami malfungsi.

Nah, Agar rantai sepeda MTB tidak mengalami malfungsi, tahan lama, dan lebih awet, perawatan secara berkala harus kita lakukan. Berikut Langkah-langkah Merawat Rantai Sepeda MTB:

Bersihkan kotoran pada rantai bersama dengan air bertekanan rendah. Air bertekanan tinggi mampu merusak komponen rantai. Jika perlu, manfaatkan air hangat agar kotoran pada rantai sepeda MTB lebih ringan hilang;
Untuk bersihkan bagian yang sulit, manfaatkan sikat gigi. Hindari sabun yang memiliki kandungan deterjen karena akan berpotensi merusak rantai;
Bersihkan pula bagian gear pada RD sebagai satu kesatuan bersama dengan rantai. Setelah it u, keringkan bersama dengan lap kering;
Olesi rantai sepeda MTB yang telah kering bersama dengan pelumas secukupnya.
Roda
Sepeda MTB punyai roda yang lumayan lebar dan bergerigi. Roda selanjutnya kebanyakan punyai kualitas yang lebih baik daripada sepeda model lain. Maka, perawatan roda pada sepeda MTB telah tentu terlampau krusial.

Roda sepeda MTB secara lazim terdiri atas lapisan dari hub, velg, jari-jari, dan ban karet. Hub jadi tumpuan yang menghubungkan pada as bersama dengan rangka (frame). As sepeda mengakses pada jari-jari yang menyatu bersama dengan velg. Velg yang berwujud lingkaran lantas ditutup bersama dengan ban karet agar laju sepeda lebih nyaman dan empuk. Lalu, bagaimana langkah untuk merawat roda agar tidak ringan rusak?

Berikut Langkah-langkah Merawat Roda Sepeda MTB:

Lepaskan ban depan dan belakang;
Bersihkan ke-2 ban dari kotoran. Gunakan kain lap dan air sabun;
Bersihkan terhitung jari-jari roda bersama dengan detail;
Semir ban agar selalu seperti baru;
Periksa klip pengencang roda saat pemasangan;
Pastikan tekanan angin pada ban sepeda MTB tidak terlampau keras atau lunak;
Jangan terlampau lama membebaskan sepeda di bawah terik matahari karena akan merusak kualitas karet ban;
Bila tidak tengah digunakan, beri lapisan berwujud kardus agar roda tidak bersentuhan segera bersama dengan lantai. Menggantung sepeda terhitung mampu jadi alternatif langkah penyimpanan yang baik.
Frame
Bagian lain yang hendaknya jadi fokus perawatan sepeda MTB adalah frame atau rangka. Pada sepeda modern, frame tak cuma dibikin untuk membantu sepeda, tapi terhitung membantu performa. Bentuk sampai material frame dibikin sekuat mungkin, sekaligus seringan mungkin.

Frame sepeda MTB harus dirawat bersama dengan benar-benar karena sepeda model ini memerlukan ketahanan fisik yang mumpuni, keliru satunya dapat dukungan oleh rangka yang selalu terjaga kualitasnya.

Berikut Langkah-langkah Merawat Frame Sepeda MTB:

Bersihkan frame bersama dengan sabun bebas detergent sesegera mungkin sesudah digunakan. Lumpur, debu, dan air hujan mampu merusak cat dan juga frame;
Lap bersama dengan kain kering. Hindari menjemur sepeda di bawah terik matahari karena cat mampu terkelupas;
Gunakan pelapis body untuk merawat cat sepeda MTB kesayangan.
Perawatan pada sepeda MTB dibagi jadi dua, yaitu perawatan tertentu dan rutin. Perawatan tertentu dilaksanakan pasca-penggunaan sepeda, tetapi perawatan rutin adalah perawatan yang dilaksanakan secara berkala, meliputi pengecekan komponen dan perlindungan pelumas.

Selain perawatan rutin, sepeda MTB terhitung harus dicuci secara berkala atau sesudah dipakai off-road. Jangan membebaskan sepeda di dalam situasi kotor terlampau lama.

Namun, mencuci sepeda terhitung tidak mampu dilaksanakan bersama dengan sembarangan. Banyak perihal yang harus diperhatikan.